LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI
LAPORAN
PRAKTIKUM
"LAJU REAKSI"
Nama : Habiburrahman
Kelas : XI.B Kesehatan
No.Absen : 14
SMA NEGERI 7 TAMBUN SELATAN
Jl. Raya Graha Prima Baru No.1 Mangun
jaya Kec.Tambun Selatan Kab.
Bekasi, Jawa Barat
2025
PENDAHULUAN
1.1 Tujuan praktikum
Untuk
mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi laju reaksi Cangkang telur + Asam
cuka dan soda kue + Asam cuka.
1.2
Landasan teori
1.2.1. Konsep laju reaksi
Laju reaksi itu sendiri merupakan berkurangnya konsentrasi pereaktan akibat bereaksi. Kalau di bumbu ketoprak, konsentrasi kepadatan bubuk kacangnya berkurang karena tercampur dengan air atau dalam kata lain karena pengenceran, bukan karena reaksi, sehingga tidak bisa disebut sebagai laju reaksi. Laju reaksi itu terjadi jika konsentrasi pereaktan berkurang akibat bereaksi, bukan karena pengenceran.(Rizkha Tedy, 21 Oktober 2021).
1.2.2. Faktor Faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
Setelah mempelajari beberapa reaksi yang berlangsung cepat dan reaksi yang berlangsung lambat. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi meliputi konsentasi, luas permukaan, suhu dan katalis.
1.Suhu
Kenaikan suhu dalam suatu reaksi kimia dapat meningkatkan energi kinetik zat-zat yang bereaksi sehingga reaksi lebih cepat berlangsung.
2. Konsentrasi
Pada umumnya laju reaksi akan semakin cepat seiring bertambahnya konsentrasi pereaksi begitu juga sebaliknya. Jika konsentrasi pereaksi bertambah, maka jumlah partikel pereaksi akan semakin banyak.
3. Katalis
Penambahan katalis dapat menurunkan energi aktivasi reaktan sehingga lebih banyak reaktan yang bereaksi membentuk produk.
4. Luas Permukaan
Bahan kimia yang memiliki ukuran lebih kecil memiliki luas permukaan sentuhan lebih besar sehingga reaksi lebih cepat berlangsung. Dalam memahami pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, siswa mengira bahwa bahan yang berbentuk serbuk memiliki luas permukaan lebih kecil sehingga reaksi lebih cepat berlangsung.
(Susilawati,2023)
1.2.3. Persamaan laju
reaksi
Hukum
laju atau persamaan laju pada suatu reaksi kimia adalah suatu persamaan yang
menghubungkan laju reaksi dengan konsentrasi atau tekanan pada reaktan serta
parameter konstannya (biasanya koefisien laju dan orde reaksi parsial).[1]
Untuk banyak reaksi laju didefinisikan dengan hukum pemangkatan seperti :
V = k[A]^x[B]^y
Dimana [A] dan [B] menyatakan konsentrasi spesi A dan B, berturut-turut (biasanya dalam mol per liter (molaritas, M)).Eksponen x dan y adalah orde reaksi parsial dan harus ditentukan secara eksperimen; keduanya tidak secara umum sama dengan koefisien stoikiometris. Konstanta k merupakan tetapan laju reaksi atau koefisien laju reaksi. Nilai koefisien k ini dapat bergantung pada kondisi seperti suhu, kekuatan ionik, luas permukaan dari suatu adsorben, atau iradiasi cahaya.(Anonim,16 September 2023).
METODE PRAKTIKUM
2.1. Alat dan Bahan
1.)
Sendok teh
2.)
Sendok makan.
3.)
Termos 2 (Berisi air dingin dan air panas)
4.)
Gelas Plastik 3
5.)
Botol Kaca 3
2.1 Bahan
1.)
Baking Soda 5
2.)
Balon 10
3.)Cangkang
Telur 5
4.)Cuka
5
2.2.
Prosedur
2.2.1 Praktikum Cangkang Telur +
Asam Cuka
1.
Untuk melakukan praktikum cangkang telur + asam cuka. Siapkan 3 botol Plastik
yang masing-masing. Sudah diberikan 6 Sendok makan Asam cuka.
2. Siapkan 3 cangkang telur, 1 Pecah haluskan Cangkang telur, 1 Pecah 10 bagian
Cangkang telur, dan 1 setengah Cangkang telor.
3.
Lalu masukan Ketiga macam cangkang telur tersebut ke masing-masing gelas yang
sudah berisikan Asam cuka secara bersamaan.
4. Nyalakan 3 timer / Stopwatch Saat (cangkang telur Sudah dimasukan, lalu tunggu Sampai bergelembung yang banyak, Jika sudah bergelembung matikan timer, lalu catat hasilnya dan di dokumentasikan.
2.2.2 Praktikum Soda kue + Asam
Cuka
1. Untuk melalukan praktikum
soda kue + asam cuka(botol kaca + balon), Siapkan 3 botol kaca, masing masing
botol diisikan air dingin 0,25 botol, lalu setiap botol diisi asam cuka dengan takaran yang berbeda,
botol ke 1 diisikan 5 sendok makan asam cuka, botol ke 2 diisikan 6 sendok asam
cuka, botol ke 3 diisikan 7 sendok makan asam cuka.
2. Siapkan 3 balon yang sudah
dilonggarkan, lalu isikan soda kue dengan
takaran yang berbeda. Balon ke 1(5 sendok makan cuka) diisi 3 sendok teh soda
kue, balon ke 2 (6 sendok makan cuka)diisi 5 sendok teh soda kue, dan untuk
balon ke 3 (7 sendok makan cuka) diisi 6 sendok teh soda kue.
3. Masukan,
ketiga ujung balon ke masing-masing botol kaca, lalu dirikan balon supaya Soda
kue dalam balon Jatuh ke dalam botol kaca lalu kocok secara bersamaan.
4. Nyalakan 3 timer /stopwatch
Saat Soda kue Sudah Jatuh dan dikocok. Lalu tunggu hingga balon membesar, jika
dikira sudah berhenti dan membesar. Matikan timer lalu catat hasilnya, dan ukur
Suhu akhirnya sama Seperti sama seperti ukur suhu awal dan didokumentasikan
hasilnya.
5. Lakukan yang sama untuk air hangat, tetapi untuk yang tanpa air penambahan Asam Cukanya Menjadi 10 Sendok makan.
PEMBAHASAN
3.1.
Hasil Data Pengamatan
3.1
Praktikum Cangkang telur + Asam Cuka
NO |
SAMPEL |
WAKTU |
GELEMBUNG |
1 |
Cangkang setengah utuh |
4,34 s |
sedikit |
2 |
Cangkang 10 bagian |
3,48 s |
sedang |
3 |
Cangkang Halus |
3,02 s |
banyak |
3.2.
Praktikum Soda kue + Asam cuka
3.2.1.Percobaan
Dengan Air Dingin
NO |
SAMPEL |
WAKTU |
SUHU AWAL |
SUHU AKHIR |
JUMLAH SENDOK |
1 |
Soda kue + asam cuka |
52 s |
17℃ |
23℃ |
3 dan 5 |
2 |
Soda kue + asam cuka |
47 s |
18℃ |
20℃ |
4 dan 5 |
3 |
Soda kue + asam cuka |
51 s |
19℃ |
22℃ |
5 dan 7 |
3.2.2.
percobaan dengan air panas
NO |
SAMPEL |
WAKTU |
SUHU AWAL |
SUHU AKHIR |
JUMLAH SENDOK |
1 |
Soda kue + asam cuka |
43 s |
40℃ |
36℃ |
3 dan 5 |
2 |
Soda kue + asam cuka |
43 s |
41℃ |
38℃ |
4 dan 5 |
3 |
Soda kue + asam cuka |
42 s |
45℃ |
38℃ |
5 dan 7 |
3.2.3 percobaan dengan tanpa air(full Asam cuka)
NO |
SAMPEL |
WAKTU |
SUHU AWAL |
SUHU AKHIR |
JUMLAH SENDOK |
1 |
Soda kue + asam cuka | 40 s |
30℃ |
28℃ |
3 dan 5 |
2 |
Soda kue + asam cuka |
39 s |
30℃ |
28℃ |
4 dan 5 |
3 |
Soda kue + asam cuka |
38 s |
30℃ |
28℃ |
5 dan 7 |
3.2 PEMBAHASAN
3.2 Praktikum cangkang telur + asam cuka :
Pada percobaan dengan Cangkang telur yang setengah
utuh direndam dengan 6 sendok makan Asam cuka, Mengalami Reaksi yang lama dan
bergelembung sedikit. Pada percobaan cangkang telur dibagi 10 bagian direndam
dengan 6 sendok makan asam cuka, mengalami reaksi lebih cepat dibandingkan
dengan yang percobaan pertama, dengan gelembung yang lumayan banyak.
Pada percobaan cangkang telur halus direndam dengan 6
sendok makan asam cuka, mengalami reaksi lebih cepat dari percobaan sebelumnya,
dan bergelembung sangat banyak.
3.2.
Praktikum Soda kue + Asam cuka :
3.2. percobaan dengan air dingin
Pada percobaan dengan Air dingin dengan masing masing
botol diberikan Air ¼ botol dengan masing masing botol diberikan asam cuka 5
sendok makan, 6 sendok makan, 7 sendok makan secara berturut-turut. Dan
diberikan balon yang sudah terisi soda kue yang masing masing 3 sendok teh, 4
sendok teh, 5 sendok teh secara berturut-turut. Pada percobaan 5 SM asam cuka +
3 ST soda kue, Setelah dikocok mengalami Reaksi yang lambat hingga membuat
Balon hanya menggembang kecil dan mengalami kenaikkan suhu yang awalnya 17°
menjadi 23°. Pada percobaan 6 SM Asam cuka + 4 ST soda kue, setelah dikocok
mengalami reaksi yang sedikit cepat tapi dengan balon yang lebih sedikit
menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 18° menjadi 20°. Pada
percobaan 7 SM asam cuka + 5 ST soda kue,setelah dikocok Mengalami Reaksi yang
lebih cepat dari percobaan sebelumnya dengan balon yang lebih sedikit
menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 19° menjadi 22°.
3.2 Percobaan dengan air hangat
Pada percobaan dengan Air panas dengan masing masing
botol diberikan Air ¼ botol dengan masing masing botol diberikan asam cuka 5
sendok makan, 6 sendok makan, 7 sendok makan secara berturut-turut. Dan
diberikan balon yang sudah terisi soda kue yang masing masing 3 sendok teh, 4
sendok teh, 5 sendok teh secara berturut-turut. Pada percobaan 5 SM asam cuka +
3 ST soda kue, setelah dikocok Mengalami
Reaksi yang lumayan cepat hingga membuat Balon lumayan menggembang dan
mengalami perubahan suhu yang awalnya 40° menjadi 36°. Pada percobaan 6 SM Asam
cuka + 4 ST soda kue, setelah dikocok mengalami reaksi yang lebih cepat, dengan
balon yang lebih sedikit menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya
41° menjadi 38°. Pada percobaan 7 SM asam cuka + 5 ST soda kue, setelah dikocok
Mengalami Reaksi yang lebih cepat dari percobaan sebelumnya dengan balon yang lebih
sedikit menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 45° menjadi 39°.
3.2 percobaan tanpa air( 10 sendok makan Asam cuka)
Pada percobaan tanpa Air dengan masing masing botol diberikan 10 sendok makan asam cuka dengan masing masing botol diberikan balon yang sudah terisi soda kue yang masing masing 3 sendok teh, 4 sendok teh, 5 sendok teh secara berturut-turut. Pada percobaan 10 SM asam cuka + 3 ST soda kue, setelah dikocok Mengalami Reaksi yang cepat hingga membuat Balon menggembang cukup besar dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 30° menjadi 28°. Pada percobaan 10 SM Asam cuka + 4 ST soda kue, setelah dikocok mengalami reaksi yang lebih cepat, dengan balon yang lebih sedikit menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 30° menjadi 28°. Pada percobaan 10 SM asam cuka + 5 ST soda kue, setelah dikocok Mengalami Reaksi yang lebih cepat dari percobaan sebelumnya dengan balon yang lebih sedikit menggembang dan mengalami perubahan suhu yang awalnya 30° menjadi 28°.
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
1. Pada percobaan cangkang direndam dengan asam cuka dapat disimpulkan bahwa luas permukaan suatu benda berpengaruh terhadap laju reaksi, semakin kecil luas permukaan maka semakin cepat terjadi reaksi,begitu pula sebaliknya.
2. Pada percobaan Soda kue dengan Asam cuka dapat
disimpulkan bahwa:
1.konsentrasi dan suhu sebuah larutan berpengaruh terhadap laju reaksi,
2.semakin tinggi konsentrasi larutan semakin cepat terjadi reaksi.
Dan semakin tinggi suhu suatu larutan, semakin cepat terjadi reaksi,begitu pula sebaliknya.
4.2 DAFTAR PUSTAKA
1. Wikipedia. 16 September 2023. Persamaan laju
reaksi. Diakses pada 23 Januari 2025. https://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_laju.
2. Ruang Guru. 21 Oktober 2021. Konsep laju reaksi.
Diakses pada 23 Januari 2025. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-dan-faktor-yang-memengaruhi-laju-reaksi.
3.Amdayani,Susilawati. Juni 2023. Laju reaksi berbasis STEM( Science, Technology, Engineering, And Mathematics). Medan : CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
LAMPIRAN &
DOKUMENTASI
5.1 Lampiran
Dengan Asam Cuka
mantap
BalasHapusCurang make laptop dasar darah biru
BalasHapus